Tingkatkan Kesadaran Kesehatan, Mahasiswa KKN 272 UNEJ Lakukan Edukasi PHBS di SD Negeri Jokarto 01

  • Aug 10, 2024
  • by JMC
  • Ekonomi & Sosial, Pendidikan

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Unej Membangun Desa (KKN UMD) kelompok 272  melaksanakan kegiatan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di SD Negeri 01 Jokarto pada hari Kamis (8/8). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa mengenai pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan sejak dini.

Sosialisasi yang diikuti oleh sekitar 46 siswa kelas 3 hingga kelas 6 ini diawali dengan perkenalan dari mahasiswa KKN 272 dilanjut dengan penyampaian materi mengenai PHBS, meliputi pentingnya mencuci tangan dengan sabun, membuang sampah pada tempatnya, olahraga serta pola makan sehat. Para mahasiswa menggunakan metode yang interaktif dan menarik, seperti penayangan power point dan kuis, untuk memastikan materi dapat diterima dengan baik oleh siswa.

Ketua kelompok KKN, Maharani Sheila, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari KKN yang mereka jalankan di Desa Jokarto. "Kami ingin adik-adik memahami betapa pentingnya kebiasaan hidup bersih dan sehat. Jika sejak kecil mereka sudah terbiasa dengan PHBS, diharapkan kebiasaan ini akan terus mereka bawa hingga dewasa," ujar Maharani.

Salah satu guru SD Negeri Jokarto 01, Bapak Mahfud, menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN. "Dengan adanya kegiatan ini kami berharap siswa-siswi kami dapat memahami pentingnya hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari," katanya.

Kegiatan sosialisasi ini diakhiri dengan sesi memberikan pertanyaan, di mana para siswa akan cepat-cepat dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh mahasiswa KKN. Antusiasme siswa terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan, menandakan keberhasilan sosialisasi ini dalam menarik minat mereka. Mahasiswa KKN juga memberikan sebuah reward untuk adik-adik yang berani menjadi contoh untuk melakukan praktik mencuci tangan.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan siswa SD Negeri Jokarto 01 dapat lebih disiplin dalam menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, serta menjadi generasi perubahan bagi lingkungan sekitar mereka. Mahasiswa KKN 272 UNEJ juga berharap program ini dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi masyarakat Desa Jokarto.